Sekda Kukar Hadiri Sosialisasi UU Desa, Harapkan Desa Sebagai Tombak Pembangunan Nasional

(Dok. Sekretaris Daerah Kabupaten Kukar, Sunggono)

 

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono, menghadiri Sosialisasi dan Public Hearing Undang-Undang No.3 Tahun 2024 tentang desa. Agenda tersebut dihelat di Gedung Bela Diri Stadion Aji Imbut, pada Kamis (30/5/24).

Dalam sambutannya mewakili Bupati Kukar, Sekda Kukar menyapa seluruh kepala desa se Kalimantan Timur yang turut menghadiri agenda tersebut. Sunggono merasa bangga, telah diberi kepercayaan atas penyelenggaraan yang dilaksanakan di Kukar.

“Selamat Datang di Bumi Tuah Himba Kutai Kartanegara. Kedatangan Bapak, Ibu, dan Hadirin sekalian membawa dampak positif bagi masyarakat dan daerah yang kami cintai ini,” ungkap Sekda Kukar, Sunggono.

Lebih lanjut Sunggono menyatakan bahwa desa merupakan ujung tombak pembangunan nasional. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus memperkuat desa, baik dari segi pemerintahan, ekonomi, maupun sosial. Keberadaan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa merupakan langkah penting untuk memperkuat desa.

“Undang-undang ini memberikan kewenangan yang lebih luas kepada desa untuk mengelola sumber daya alam dan keuangannya. Kegiatan Sosialisasi dan Public Hearing ini merupakan forum yang tepat untuk mendapatkan masukan dan saran dari berbagai pihak terkait dengan implementasi dari UU tersebut,” jelasnya.

Disamping itu, Sunggono juga mengajak kepada seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa, untuk mempelajari dan memahami perubahan undang-undang ini dengan seksama. Ia berpesan untuk menggunakan kewenangan yang diberikan dengan sebaik-baiknya, untuk membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diakhir sesi ia berharap, melalui agenda sosialisasi ini dapat memajukan basis pemerintahan desa yang ada di Kalimantan Timur khususnya di Kukar. Sunggono juga membeberkan, Pemerintah Kabupaten Kukar saat ini, banyak memprioritaskan progam yang bersentuhan langsung dengan problematika desa, seperti Program Air Bersih Desa, Program Terang Kampongku, dan Program Desa Ramah Lingkungan.

Baca Juga :  Kukar Bawa Pulang Piagam Kalpataru 2024

“Kami berharap, melalui agenda ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat desa dan dapat mewujudkan desa-desa di Kukar yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera,” pungkasnya.

[MII]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *