Kutai Kartanegara

Peringati HHS, Pemkab Kukar Gelar Senam Jantung dan Pemeriksaan Tensi Gratis

137
×

Peringati HHS, Pemkab Kukar Gelar Senam Jantung dan Pemeriksaan Tensi Gratis

Sebarkan artikel ini
Teks Foto : Agenda senam bersama, memperingati Hari Hipertensi Sedunia/mediakata.com

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia (HHS), Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Senam Jantung Sehat dan Pemeriksaan Massal Tekanan Darah (Tensi) gratis, pada Minggu (9/6/24), di area Car Free Day (CFDD) Tenggarong.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan tekanan darah gratis juga dilaksanakan serentak di 32 Puskesmas di wilayah Kukar, dengan target pemeriksaan sebanyak 150 orang di setiap Puskesmas.

“Hal ini merupakan bagian dari target Kementerian Kesehatan melalui Pemerintah Provinsi Kaltim, yaitu melakukan pemeriksaan tekanan darah terhadap 3.428 orang di Kukar,” ujar Sunggono.

Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini sangat tinggi, terbukti dari banyaknya warga yang mengikuti senam jantung, dan berpartisipasi untuk memeriksakan tekanan darah mereka.

“Kami yakin target itu terpenuhi, ini terbukti dari antusiasme masyarakat yang telah mengantri memeriksakan tekanan darahnya, mereka antusias sekali,” kata Sunggono.

Sekda berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi acara seremonial, tetapi juga memberikan manfaat nyata dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memeriksa tekanan darah secara rutin, minimal setahun sekali. Selain itu, Sunggono mengimbau masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat, makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, tidak merokok, dan mengelola stres dengan baik.

Setelah mengikuti pemeriksaan tekanan darah dan meninjau masyarakat yang antri, Sekda Sunggono melanjutkan dengan mengikuti secara virtual rangkaian kegiatan Hari Hipertensi Sedunia yang dipimpin oleh Menteri dan Wakil Menteri Kesehatan RI.

Disisi lain, salah satu warga yang ikut memeriksakan tekanan darahnya menyatakan dirinya sangat mengapresiasi adanya pemeriksaan gratis yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kukar. Menurutnya, hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tengah beraktifitas di area Car Free Day.

Baca Juga :  RPK Kembali Mengudara, Hadir Dengan Formasi dan Visi Baru

“Saya sangat senang ya kalau ada check up gratis ini, apalagi diharu Minggu, pas senggang, sekalian senam dan berbelanja di CFD,” tutur Rosminah.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah hipertensi, yang merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak diderita masyarakat. Dengan langkah-langkah preventif dan pola hidup sehat, diharapkan angka kejadian hipertensi di Kukar dapat berkurang secara signifikan.

[MII]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *