Distransnaker Buka Job Fair, Harap Seluruh Kawula Muda di Kukar Jemput Bola

Dok.Plt Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Kukar, Muhammad Hatta

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan (Distransnaker) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Job Fair Tahun 2024, guna menekan angka pengangguran. Job Fair digelar mulai tanggal 11 hingga 12 Juli mendatang, di Gedung Putri Karang Melenu, Tenggarong.

Agenda Job Fair merupakan helatan tahunan yang kerap dilaksanakan oleh Distransnaker Kukar. Pada Job Fair Tahun 2024, jumlah pendaftar melalui situs online mencapai 1.512 orang, dan 94 orang untuk pendaftar ofline.

Plt Kepala Distransnaker Kukar, Muhammad Hatta, membeberkan terdapat 39 perusahaan yang berpartisipasi dalam agenda Job Fair Tahun 2024.

“Dari 39 perusahaan, ada 210 jabatan dengan penerimaan loker 870 orang,” ungkap Muhammad Hatta, saat ditemui awak media, pada Kamis (11/7/24) pasca pembukaan Job Fair Tahun 2024.

Plt Distransnaker menyatakan, penyediaan lowongan pekerjaan ini, diutamakan untuk pemuda-pemudi daerah, yakni yang memilki KTP Kukar. Menurutnya, generasi muda Kukar, harus mendapatkan bagian untuk bekerja di tanahnya sendiri.

“Saya berharap ini menjadi kesempatan kepada para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Kita utamakan yang KTP nya di Kukar,” terangnya.

Disamping itu, ia juga menyoroti peluang kerja untuk penyandang disabilitas. Mengutip pada UUD No 8 tahun 2016, setiap instansi pemerintah wajib mempekerjakan 2%, dan 1% untuk perusahaan swasta para penyandang disabilitas.

“Disabilitas kita anggap sama, tidak di anak tirikan,” tandasnya.

Selain itu, berbagai pelatihan telah digelar oleh Distransnaker khusus untuk penyandang disabilitas. Hal ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Kukar, turut memperhatikan dan memberikan kontribusinya dalam pemberian pelatihan dan lapangan pekerjaan kepada penyandang disabilitas.

“Alhamdulillah di SDLB juga sudah kita buka Bursa Kerja Khusus (BKK), dan pelatihan yang sudah kita laksanakan mulai tahun kemarin, untuk penyandang disabilitas ini. Seperti pelatihan menjahit, tataboga dan kecantikan. Mereka kita berikan bantuan juga, seperti alat alat perlengkapannya.

Baca Juga :  Meriah! Pawai Ogoh-Ogoh Malam Puncak Hari Raya Nyepi 2024 Ramaikan Desa Kerta Buana

Diakhir sesi Muhammad Hatta menekankan untuk para pencari kerja khususnya penyandang disabilitas, untuk terus bersemangat dan menjemput bola.

“Mereka harus di beri kesempatan, jangan pandang mereka dari kekurangannya,” imbuhnya.

[MII]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *