Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDaerahDisdikbud Kaltim

Asik ! DPK Kaltim Punya Perpustakaan Digital, Kolaborasi Kemajuan IPTEK Dan Literasi

120
×

Asik ! DPK Kaltim Punya Perpustakaan Digital, Kolaborasi Kemajuan IPTEK Dan Literasi

Sebarkan artikel ini
Ket: Kepala Bidang(Kabid) Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca(BP3KM) DPK Kaltim,Taufik.

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim terus mendorong, upaya pembaharuan terhadap pelayanan taman baca, di era kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Terbukti, pihaknya, melakukan terobosan dengan menggunakan konsep tata kelola buku melalui perpustakaan digital.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, Taufik mengatakan, tak risau apabila IPTEK menjadi ancaman bagi peran perpustakaan. Justru, sebaliknya.

“Kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dipungkiri akan selalu hadir dalam kehidupan saat ini. Justru, kemudahan dalam mengakses informasi juga menjadi potensi para pembaca untuk mengakses Perpustakaan Digital.

“Justru kehadiran IPTEK itu lebih dapat memajukan perpustakaan sehingga ada istilah perpustakaan digital, ada perpuskaan elektronik, perpustakaan berbasis teknologi dan informasi. Jadi intinya kami tidak khawatir iptek akan menggusur,” jelasnya.

Selain itu juga, lanjutnya program digital sudah mulai dipersiapkan di perpustakaan. Namun, ia mempersoalkan jika anggota keperpustakaan tidak siap menghadapi era teknologi.

“Kita juga menghadirkan perpustaakaan digital seperti ikaltim yang logonya berwarna hijau. Yang menjadi persoalan bagaimana kesiapan perpustakaan menghadapi era digital,” urainya.

Perpustakaan jika tidak dikolaborasikan dengan teknologi informasi akan sepi. Perpustakaan akan asik jika disandingkan iptek,” pungkasnya.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *