AdvertorialDPRD Kab. KutimKabupaten Kutai Timur

Fraksi PDI-P Ingatkan Pentingnya Memperhatikan Situasi Geopolitik Global

949
×

Fraksi PDI-P Ingatkan Pentingnya Memperhatikan Situasi Geopolitik Global

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Kutai Timur, Siang Geah.
Anggota DPRD Kutai Timur, Siang Geah.

Sangatta – Dalam Rapat Paripurna ke-11 DPRD Kabupaten Kutai Timur, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menunjukkan sikap kritisnya terhadap Rancangan APBD Tahun Anggaran 2024, seiring dengan Nota Penjelasan Bupati Kutai Timur.

Dengan tekad yang kuat, fraksi ini bertekad mendorong penyusunan APBD yang lebih memfokuskan pada sektor-sektor kunci, sebagai langkah responsif terhadap kebutuhan utama masyarakat.

Dalam pandangan mereka, Fraksi PDI-P menegaskan kebutuhan akan pendekatan yang holistik dan seimbang dalam menyusun APBD, dengan memberikan perhatian khusus pada aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Mereka juga menunjukkan komitmen untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) melalui peraturan yang telah ditetapkan.

Siang Geah, Ketua Fraksi PDI-P DPRD Kutai Timur, menjelaskan, “Penting bagi kita untuk memperhatikan situasi geopolitik global karena dapat berdampak signifikan pada ekonomi dan pembangunan di dalam negeri. Sebagai Superhub Ibu Kota Negara (IKN), Kutai Timur harus bijak dalam menghadapi dinamika tersebut.”

Dalam menyikapi Rancangan APBD 2024 secara umum, Fraksi PDI-P menggarisbawahi beberapa aspek penting.

Mereka memberikan apresiasi terhadap tema pembangunan yang menekankan “Penguatan Struktur Ekonomi Guna Mendukung Perekonomian Daerah,” menganggapnya sebagai refleksi dari kesadaran akan pentingnya diversifikasi ekonomi dan investasi pada aspek-aspek yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan.

Berkaitan dengan pendapatan daerah, Siang Geah mengapresiasi peningkatan signifikan dalam proyeksi pendapatan, namun tetap menekankan keberlanjutan sumber pendapatan.

Diversifikasi pendapatan daerah menjadi fokus utama untuk mengurangi ketergantungan pada sektor tertentu.

Fraksi PDI-P juga memberikan sorotan terhadap belanja daerah, terutama dalam hal alokasi anggaran untuk setiap komponen belanja.

Mereka menekankan pentingnya menyelaraskan alokasi tersebut dengan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan, sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kutai Timur.

Baca Juga :  Pj Bupati PPU Ajak Linmas Mantapkan Kesiapan untuk Pemilu 2024

Dalam menghadapi dinamika geopolitik global, Fraksi PDI-P berkomitmen mendukung pemerintah daerah dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif, mengembangkan ekonomi lokal, memperkuat sektor unggulan, menciptakan iklim investasi kondusif, dan memastikan keberlanjutan pembangunan infrastruktur daerah.ADV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *