Upaya Mencegah Stunting: Pj Bupati PPU Bagikan Bantuan Gizi Di Desa Labangka

MEDIAKATA.COM, PPU – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, menyampaikan bahwa penanganan stunting adalah prioritas nasional yang memerlukan langkah konkret. Untuk mengatasi masalah stunting, diperlukan tindakan yang dimulai sejak awal, mulai dari pendekatan kepada pasangan yang akan menikah hingga perawatan ibu hamil dan masa persalinan. Ini melibatkan tidak hanya memberikan makanan bergizi, tetapi juga edukasi yang efektif.

Pernyataan tersebut dia sampaikan ketika ia hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan gizi dan makanan tambahan kepada anak-anak yang mengalami stunting di Desa Labangka, Kecamatan Babulu, Kabupaten PPU.

“Saya berharap agar fokus kita tidak hanya pada pengobatan atau pemberian makanan bergizi, tetapi juga pada upaya pencegahan stunting sejak dini,” ungkapnya pada Kamis (26/10/2023).

Dalam konteks ini, Pj Bupati PPU menggarisbawahi pentingnya penyuluhan masyarakat tentang stunting di semua tingkatan, dari kecamatan hingga desa, melalui posyandu yang ada.

“Harapan kita adalah tidak ada lagi masyarakat yang tidak terlayani dalam masalah stunting ini,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU, Jansje Grace Makisurat, menjelaskan upaya konkret yang telah mereka lakukan dalam menangani masalah stunting. Mereka mengambil pendekatan yang berfokus pada penyebab stunting, termasuk memberikan tablet tambah darah kepada remaja putri melalui program “Aksi Bergizi.” Selain itu, mereka memberikan edukasi reproduksi kepada calon pengantin dan memberikan bantuan makanan tambahan kepada ibu hamil yang kurang gizi. Bayi yang baru lahir juga diukur dan ditimbang, dan jika ditemukan tanda-tanda stunting, mereka mendapatkan penanganan khusus.

Upaya intervensi ini berlaku mulai dari remaja putri hingga balita. Meskipun angka stunting di PPU saat ini belum mencapai tingkat tinggi, masih ada kebutuhan untuk lebih banyak pengukuran bayi untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat.

Baca Juga :  Rentetan Festival Ramadhan, Kelurahan Maluhu Gelar Lomba Begera'an Sahur

Jansje Grace Makisurat menekankan pentingnya peran keluarga dalam memberikan gizi yang baik bagi balita. Memberikan gizi sejak usia dini diharapkan akan menciptakan generasi yang lebih sehat dan kuat di masa depan.
(ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *