Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDPK KALTIM

Perkenalkan Srikandi ke Sekolah, Launching Apikasi Srikandi Telah Di Gelar

227
×

Perkenalkan Srikandi ke Sekolah, Launching Apikasi Srikandi Telah Di Gelar

Sebarkan artikel ini

MEDIAKATA.COM,SAMARINDA– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, sukses menggelar Launching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintregasi (Srikandi) ke SMA, SMK, SLB Negeri se-Kalimantan Timur di Hotel Novotel, Balikpapan, Kamis (2/11/2023).

Penggunaan Aplikasi Srikandi kini menjadi sorotan seluruh pihak OPD. Demi memudahkan pengelolaan arsip, pihak DPK tengah berupaya untuk menyebarkan luaskan kemudahan dalam penggunaan aplikasi tersebut.

Upaya pendampingan kerap dilakukan pihak DPK Kaltim terus berlanjut. Dan sasarannya kali ini ada SMA, SMK, SLB se-Kaltim. Agenda yang di gelar oleh Disdikbud Kaltim dengan bantuan DPK Kaltim tersebut, bertujuan untuk memahamkan pihak sekolah. Guna pemerataan administrasi berbasis digital, sesuai dengan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Plh DPK Kaltim Taufik menyampaikan, pentingnya pengelolaan arsip saat ini bukan lagi berbentuk kertas. Sehingga penerapan arsip digital, mesti dikuasai agar tak ketinggalan zaman.

“Organisasi atau individu yang tidak mengelola arsip dengan baik akan berdampak dengan terlambatnya mengambil keputusan,” ucapnya di depan para peserta.

Agenda launching aplikasi Srikandi ini, telah dihadiri sekolah SMA, SMK, SLB Negeri se- Kaltim. Sebanyak 486 peserta, masing-masing mengirimkan 2 delegasi dari 243 sekolah.

Kepala DPK Kaltim M. Kurniawan dalam sambutannya, meyampaikan perlu adanya pengenalan intens terkait penggunnaan aplikasi srikandi di sektor pendidikan.

“Dengan tujuan percepatan pelaksanaan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE. Sudah menjadi gaungnya, Indonesia, Instansi Pemerintah, menerapkan administrasi berbasis elektronik,” ungkapnya.

Tak hanya itu, penyerahan simbolis bantuan alat pendukung berupa 2 unit tablet untuk masing-masing sekolah. Telah diberikan pasca pembukaan agenda tersebut.

Agenda tersebut menghadirkan pihak DPK Kaltim dan Diskominfo Kaltim sebagai pembicara dalam penyampaian materi di hari jumat. Pelatihan penerapan aplikasi Srikandi tersebut menyediakan materi penggunaan Srikandi dan Arsip Dinamis serta kode Klasifikasi Surat oleh DPK Kaltim. Beserta materi Digital Signature atau pengenalan Tanda Tangan Elektronik (TTE) oleh Diskominfo Kaltim. Tak ketinggalan, praktek dari materi tersebut menjadi puncak agenda Launching Aplikasi Srikandi tersebut.

Baca Juga :  DPK Kaltim Inisisasi Program Akuisisi Arsip Covid

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *