Ketua Fraksi PKB Gencar Sosialisasi Kebangsaan, Syafruddin : Kita Kuatkan Kesadaran Berbangsa

teks foto : Syafruddin, S.Pd., Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim. (Ist.mediakata.com).

MEDIAKATA.COM, BALIKPAPAN – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kaltim, Syafruddin, S.Pd mengawali Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di daerah pemilihanya balikpapan jalan sosial dalam Rt. 19 Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, pada Selasa (21/11/2023) pukul 16.00 wita.

Dalam sosialisasi tersebut, anggota DPRD Dapil Balikpapan ini didampingi narasumber tokoh anak muda penggiat pancasila yakni Amiruddin, Ketua Forum Demokrasi Dessy Purwita Sari serta Ketua RT 19 Kelurahan Lamaru.

Anggota DPRD Kaltim Syafruddin, S.Pd menjelaskan, Wawasan Kebangsaan ini sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat, terutama 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Bhineka Tunggal Ika.

“pada kesempatan ini, kami sosialisasikan empat pilar kebangsaan ini untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” kata Bang Udin Sapaannya.

Selain itu, menurut Syafruddin, S.Pd, wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat dengan beragam suku, agama dan golongan agar hidup rukun.

Sementara itu, narasumber Pemuda Penggiat Pancasila, Amiruddin menjelaskan wawasan kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD 45, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika.

“Tujuan dari sosialisasi wawasan kebangsaan ini sebagai upaya mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan bermasyarakat yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah. “Untuk itu, kita harus saling menghargai perbedaan,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya sangat berterima kasih kepada anggota DPRD Kaltim Syafruddin, S.Pd yang telah membantu masyarakat Balikpapan agar lebih mencintai Indonesia yang begitu banyak perbedaan suku dan ras, Apalagi tahun 2023 – 2024 ini merupakan tahun politik.

“Tahun 2024 kita akan menggelar Pemilu pada 14 Februari mendatang, maka kita akan melihat sebuah wujud demokrasi yang insya Alloh Akan selalu damai” jelasnya.

Diakhir sosialisasi dilakukan sesi tanya jawab singkat terkait Wawasan Kebangsaan. Semua pertanyaan dijawab dengan lugas oleh legislator PKB ini Syafruddin bersama kedua narasumber.

(adv) sosbang kaltim.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *