Yusuf Mustafa Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan di Sepinggan Balikpapan

Sosialisasi wawasan kebangsaan Anggota DPRD Kaltim, Yusuf Mustafa.(Ist)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim, Yusuf Mustafa diketahui melakukan Sosialisasi wawasan kebangsaan di RT 59 kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan, Senin (26/11/2023).

Dalam kegiatan Sosialisasi Kebangsaan ini H.Mustafa yang juga Suami dari Hj Suwarni yang merupakan anggota DPRD Balikpapan ini menghadirkan narasumber diantaranya H.Nurdin Ismail SH, Drs H Sutarno dan Winanto selalu ketua RT 59 .

Yusuf Mustafa mengatakan Sosialisasi wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang 4 konsensus dasar dalam bernegara atau pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“ Wawasan kebangsaan penting disosialisasikan bagi warga agar nilai nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika bisa terus diamalkan agar kehidupan bermasyarakat yang terdiri dari bermacam macam suku dan agama bisa terus terjaga dan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

“Serta sebagai upaya memberikan pemahaman dan penguatan rasa cinta tanah air kepada masyarakat, untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” Ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Nurdin Ismail, 4 Pilar adalah tiang yang kuat menopang dasar negara.Semua itu sudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujarnya.

Nurdin menegaskan, bagaimana mengimplementasikan 4 pilar itu dalam kehidupan, yakni dengan menghargai perbedaan yang ada (agama, suku, budaya). Mematuhi aturan yang berlaku dalam tata negara.

Kemudian salah satunya yang juga penting yaitu BhinekaTunggal Ika, walupun kita beragam suku tetapi kita harus tetap satu, dan kita bisa belajar dari itu, agar saling menghormati antar umat beragama, suku, dan sebagainya.

Nurdin juga menyampaikan agar dengan keberagam yang ada menjadi perekat, bukan justru dijadikan alat untuk memecahkan belah suatu kelompok dengan kelompok lain.

Baca Juga :  DPRD Kaltim Lirik Aset Pemprov Samarinda, Status Dan Pemanfaatan Jadi Bahasan

“Apalagi sampai memecah bangsa kita sendiri,” pungkasnya.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *