Disdikbud Kaltim Bakal Terapkan Tes Narkoba Pada Tes PPDB 2024 Mendatang

Ket: Ilustrasi Pelajar.(Dok)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Sesuai juknis PPDB 2023 hingga 2024 mendatang. Disdikbud Kaltim memperketat sistem penerimaan peserta didik dengan memberlakukan tes narkoba.

Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan menjelaskan, pihaknya akan menerapkan tes narkoba pada PPDB tahun depan.

“Mengacu pada juknis PPDB 2024 mendatang, kami akan terapkan tes narkoba bagi peserta didik yang dinyatakan diterima di sekolahnya masing-masing,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, Disdikbud Kaltim telah bekerja sama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN) untuk menjalankan tes narkoba ke sekolah-sekolah di Samarinda. 

“Peserta didik bebas mau tes narkoba di mana saja. Bisa melalui BNN, Puskesmas, ataupun rumah sakit. BNN juga akan turun langsung ke sekolah-sekolah, dengan biaya tes yang cukup terjangkau. Kalau tidak salah kisaran Rp 100 ribuan saja,” ungkapnya.

Jika ditemukan siswa ataupun siswi yang positif narkoba, Disdikbud Kaltim tidak akan memberikan toleransi. 

“Masa kita mau menerima. Peraturan undang-undang kan sudah jelas, pasti kami menolak,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua MKKS Samarinda Abdul Rozak menyatakan bahwa, peserta didik wajib menyerahkan surat keterangan tes narkoba, maksimal satu bulan setelah diterima di sekolah masing-masing. 

“Semua sekolah di Kaltim memberlakukan syarat tes narkoba untuk mengetahui apakah anak-anak terlibat narkoba atau tidak,” ungkapnya pada Senin (6/11/2023) siang.

Pemberlakuan tes narkoba pada PPDB 2023, sudah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Disdikbud Kaltim konsisten untuk melakukan tes narkoba, sebagai antisipasi adanya pelajar yang terjerumus narkoba.

[ADV/DISDIKBUD/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *