Disdikbud Kaltim Ingin Wujudkan Siswa Berkualitas Lewat National School Debating Championship

Suasana Lomba Debat Bahasa Inggris.(Syahrul/MediaKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim berkomitmen untuk meningkatkan kualitas para siswa SMA sederajat, kali ini dengan memberikan pelatihan debat bahasa Inggris.

Ini merupakan upaya Disdikbud dalam mempersiapkan siswa untuk lomba debat bergengsi National School Debating Championship (NSDC).

Kepala Sub Koordinator Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Siti Aminah menjelaskan bahwa, penguatan keterampilan siswa dilakukan dengan mendatangkan narasumber dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Atmajaya. Narasumber ini merupakan juri lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional.

“Kami berikan penguatan untuk para siswa dengan mendatangkan narasumber, yakni dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Atmajaya. Dosen-dosen itu juri lomba debat bahasa Inggris di tingkat nasional,” ungkap Siti, Jumat (17/11/2023). 

Dalam hal ini, Disdikbud Kaltim mengundang beberapa sekolah se-Kaltim untuk mengikuti pelatihan tersebut. Sekolah yang diundang adalah sekolah yang aktif melaksanakan kegiatan debat atau pidato dalam bahasa Inggris. 

“Kami mengundang beberapa sekolah. Tidak semua, tapi ada perwakilan. Ini sekaligus jadi reward untuk sekolah-sekolah yang sudah melaksanakan dan aktif mengikuti NSDC,” sambungnya. 

Tiap sekolah biasanya diwakili 1-2 siswa dan didampingi oleh guru masing-masing. Pihaknya berharap, guru yang membimbing para siswa ini juga bisa menambah bekal pengetahuannya. Terutama terkait teknik pelaksanaan lomba NSDC.

“Kami memilih sekolah itu karena melihat sekolah mana yang sudah melaksanakan kegiatan berbahasa Inggris. Kami berharap, yang ikut kegiatan tahun ini bisa mengikuti kegiatan tahun depan dengan lebih baik,” tandasnya.

[ADV/DISDIKBUD/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *