Scroll untuk baca artikel
Disdikbud Kaltim

Disdikbud Kaltim Dukung Penerapan Lingkungan Sekolah Anti Bullying

76
×

Disdikbud Kaltim Dukung Penerapan Lingkungan Sekolah Anti Bullying

Sebarkan artikel ini

Ket: Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan. (Hafif Nikolas/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, mendorong para sekolah untuk gencar menggalakan lingkungan anti bullying.

Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan menegaskan pentingnya berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan mendukung perkembangan siswa dan peserta didik.

“Himbauan ini kami sampaikan dengan harapan bahwa kita dapat mencegah terjadinya bullying,” kata yang karib disapa Kurniawan itu beberapa waktu lalu.

Bullying ini merupakan tanggung jawab bersama, termasuk kepala sekolah dan guru, khususnya guru BK (Bimbingan dan Konseling). Maka perlunya para siswa ini diberikan waktu untuk mengisi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat.

“Tujuannya adalah menghindari hal-hal yang tidak bermanfaat dalam proses sosialisasi dan belajar mengajar,” jelas Kurniawan.

Lebih lanjut dia menuturkan, upaya pencegahan bullying ini menjadi semakin relevan melihat kejadian-kejadian yang telah terjadi di beberapa wilayah di Kaltim. Seperti Balikpapan dan Samarinda, yang melibatkan siswa dalam kasus bulyying.

“Seperti, budaya yang dilakukan oleh SMA 1 Balikpapan, yang berperan sebagai fasilitator yang mendukung prinsip “No Bully” di seluruh sekolah di Kaltim,” jelasnya.

Budaya ini menciptakan atmosfer yang lebih ramah dan mendukung di antara siswa, dan merupakan inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi pendekatan serupa.

“Kita berharap bahwa dengan himbauan ini, situasi seperti itu tidak akan terulang di kalangan siswa sekolah menengah,” tutupnya.

[ADV/DISDIKBUD/EWI/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *