Disdik Kukar Sukses Gelar Manajemen Kelompok Kerja Kepala Sekolah

Teks: Pelatihan pengelolaan manajemen KKKS sekolah dasar dan penguatan kepala sekolah dasar di hotel Grand Fatma Tenggarong, 16-19 Oktober 2023. (Topan Setiawan/MediaKATA)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara (Disdikbud Kukar) menggelar pelatihan pengelolaan manajemen Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKKS) sekolah dasar. Dan, penguatan kepala sekolah dasar, guna mendukung perkembangan serta kemajuan pendidikan.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh kepala sekolah dasar di seluruh Kutai Kartanegara di hotel Grand Fatma Tenggarong, 16-19 Oktober 2023.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kukar, Joko Sampurno, mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja KKKS tingkat sekolah dasar se-Kutai Kartanegara.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan ini baru pertama kali digelar pada tahun 2023,” kata Joko, Jumat (20/10/2023).

Joko menjelaskan, dengan terbentuknya organisasi ini, maka dapat dikatakan bahwa KKKS adalah kelompok kerja Andalan dinas pendidikan untuk menerapkan kebijakannya.

“Jadi, walaupun sebagian besar kepala sekolah merupakan hasil transformasi seorang guru, namun melalui kolaborasi yang bagus, tentu kebijakan dinas pendidikan bisa diemban secara efektif,” ungkapnya.

Selain melibatkan KKKS, pelatihan ini juga melibatkan seluruh kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di 18 kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara.

Joko mengungkapkan, KKKS beranggotakan para kepala sekolah di tingkat sekolah dasar yang ada di 18 kecamatan di Kutai Kartanegara.

“Jadi, masing-masing kecamatan itu memiliki pengurus yakni ketua, sekretaris, bendahara serta lain sebagainya, yang beranggotakan seluruh kepala sekolah negeri maupun swasta,” ungkapnya.

Joko Menyebutkan, KKKS merupakan suatu kelompok kerja yang penting bagi kepala sekolah.

Dengan adanya organisasi tersebut, maka mutu pendidikan dapat meningkat seiring dengan peningkatan kompetensi seorang kepala sekolah.

“Kami berharap keberadaan KKKS mampu mewujudkan komunikasi dengan baik antar kepala sekolah dan kepala UPT,” pungkasnya.

[ADV/DISDIKBUD/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *