Kadisdikbud Kaltim Sampaikan Museum Mulawarman Penguat Sejarah Masa Lampau

Ket: Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan.(Ist)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Muhammad Kurniawan buka kegiatan Seminar yang dilaksanakan UPTD Museum Mulawarman, Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar).

Seminar yang bertema “Revitalisasi Museum Mulawarman Kalimantan Timur pada 24 November 2023 bertempat di Hotel Elty Singgasana Tenggarong.

Revitalisasi Museum merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas museum dalam melayani masyarakat sesuai dengan fungsi museum.

Pada pelaksanaannya, revitalisasi mengacu pada tiga pilar kebijakan permuseuman, yaitumencerdaskan bangsa, memperkuat kepribadian bangsa, ketahanan nasional dan wawasan nusantara, pada Jumat (24/11/2023) siang.

Untuk itu, UPTD Museum Mulawarman menggelar Seminar Permuseuman dengan mengusung tema “Revitalisasi Museum Mulawarman Kalimantan Timur” pada 24 November bertempat di Hotel Elty Singgasana Tenggarong.

Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan, dalam sambutannya pada saat membuka acara meyakini dalam seminar yang dihadiri oleh pegiat seni budaya Kalimantan Timur, Kesultanan Kutai Kartanegara dan akademisi tersebut dapat memberikan tambahan wawasan mengenai gambaran masa dahulu tentang nuansa Istana Kutai Kartanegara.

“Saya yakin dengan adanya diskusi seperti ini apalagi menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam bidang permuseuman, Museum Mulawarman dapat memberikan sebuah gambaran pada masa dahulu ruangan dan beberapa koleksi apa saja yang dulunya digunakan oleh Sultan Aji Parikesit beserta keluarganya semasa tinggal di Istana,”jelas Kurniawan.

[ADV/DISDIKBUD/EWI/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *