Disdikbud Kaltim

Enam Wilayah Di Sekitar IKN Bakal Diprioritaskan Kemendikbud Ristek RI

209
×

Enam Wilayah Di Sekitar IKN Bakal Diprioritaskan Kemendikbud Ristek RI

Sebarkan artikel ini

Ket: Ketua Dewan Pendidikan Kaltim, Adjrin prioritaskan peningkatan kualitas pendidikan di IKN. (Hafif Nikolas/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Peningkatan Kualitas Pendidikan mulai tahun ini bakal lebih intens ditingkatkan. Melalui Dewan Pendidikan Kaltim yang bekerjasama dengan salah satu Universitas di Kaltim akan berkontribusi dalam program tersebut.

Wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) yang meliputi enam kecamatan, yakni Kecamatan Sepaku di Penajam Paser Utara (PPU), dan lima kecamatan lainnya di Kutai Kartanegara yaitu Samboja, Muara Jawa, Loa Janan, Loa Kulu dan Samboja Barat.

Akan mendapat perhatian khusus oleh Direktorat Kemendikbud ristek. Dengan peningkatan kualitas pendidikan yang lebih maju.

Ketua Dewan Pendidikan Kalimantan Timur Adjrin menjelaskan ini merupakan upaya dalam percepatan pembangunan kualitas pendidikan di wilayah IKN itu sendiri.

“Sesuai dengan misi kami, khusus wilayah Kutai Kartanegara dan PPU, tentu kontribusinya akan lebih ditingkatkan lagi, baik dari segi pendidikan anak usia dini, sekolah dasar (SD), sekolah menengahi pertama (SMP), sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA/SMK), hingga ke perguruan tinggi,” ucap Adjrin, pada Rabu (15/11/2023).

Program tersebut akan menggandeng salah satu Universitas ternama di Kaltim. Untuk menyiapkan tenaga pengajar profesional.

“Universitas Mulawarman (Unmul) nantinya dijadikan sebagai pendamping mitra para guru,” lanjutnya.

Melalui Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Beberapa mahasiswa akan diturunkan langsung dalam menunjang program ini.

Disatu sisi mahasiswa yang diturunkan, mereka yang memiliki pengetahuan khusus dan ilmu pengetahuan yang lebih. Hingga mereka dapat mengimplementasikan hasil belajarnya melalui program ini.

“Selama tiga bulan lebih, mahasiswa akan menjalankan PLP-KKN menjadi guru pendamping, terhadap sekolah-sekolah yang membutuhkan perhatian khusus di enam kecamatan wilayah IKN,” ungkap Adjrin.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltim Sebut Perlu Adanya Evaluasi Penerapan Srikandi Tiap Tahunnya

Dalam menjalankan misi Dewan Pendidikan Kalimantan Timur, Adjrin beserta jajarannya akan terus berupaya dalam memberikan informasi positif terkait dengan kualitas pendidikan di Kaltim.

Selain itu, Provinsi Kalimantan Timur juga akan merealisasikan perguruan tinggi yang ada di wilayah IKN, yakni Universitas Negeri Nusantara dalam beberapa waktu ke depan. Ini juga sebagai bentuk pemerataan pendidikan, sekaligus menyediakan instansi pendidikan yang berkualitas di sana.

“Bukan hanya sekolah, dalam waktu dekat di IKN bakal di bangun satu Universitas. Untuk menunjang pemerataan di Kaltim,” pungkasnya.

[ADV/DISDIKBUD/EWI/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *