SMAN 1 Muara Komam, Sabet Juara 1 Lomba Kampanye Stunting Kategori Film Pendek

Penyerahan piagam penghargaan kepada Siswa SMA 1 Muara Komam oleh Kadisdikbud Kaltim.(Topan Setiawan/MediaKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – SMAN 1 Muara Komam Kabupaten Paser berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Kampanye Stunting, dengan kategori gilm pendek. Perlombaan ini, merupakan gelaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim.

Adapun penghargaan yang diterima berupa Piala serta Piagam Penghargaan serta mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 4 juta.

Endang Susilowati, siswa yang menggarap film tersebut, menyebut bahwa proses pembuatan film ini terinspirasi oleh kearifan lokal. Film ini menggunakan bahasa Banjar, yang sangat dikenal di Bumi Etam. Endang menjelaskan bahwa film ini menggambarkan bahaya pernikahan usia dini.

“Pernikahan usia dini merupakan salah satu penyebab stunting, maka kami memilih tema ini karena kami percaya bahwa stunting dimulai dari pernikahan yang seharusnya tidak terjadi,” ujar Endang, beberapa waktu lalu pasca menerima nominasi pada Selasa (218/11/23).

Endang berharap bahwa film ini dapat menjadi sarana edukasi untuk lebih mempertimbangkan dampak dari pernikahan usia dini.

“Kami berharap film ini bisa menjadi wadah untuk lebih memahami bahaya stunting dan memberikan manfaat serta pemahaman setelah lomba ini berakhir,” ungkapnya.

Selain itu, pemilihan tema ini didasari oleh kejadian pernikahan dini yang sering terjadi di wilayah Muara Komam. Hal ini mendorong mereka untuk membawa pesan melalui film ini, sebagai contoh betapa berbahayanya pernikahan usia muda.

“Kami ingin memberikan edukasi kepada penonton tentang urgensi menekan angka stunting karena fenomena ini banyak terjadi di sini,” imbuhnya.

Meskipun mengalami kendala dalam proses penyuntingan film, hasilnya sangat memuaskan setelah melalui tiga hari proses produksi.

[ADV/DISDIKBUD/MII/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *