Daerah  

30 Anggota Baru PPPK Formasi 2023 Resmi Dilantik

Teks foto : Pelantikan dan Pembacaan SK Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). (Syahrul/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Timur (Kaltim) resmi melantik Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hasil rekrutmen tahun 2023, di Ruang Aula Kerukunan, lantai 2, Kantor Kemenag Kaltim, pada Senin, (22/4/2024) Siang.

Siang ini, sebanyak 30 orang PPPK resmi dilantik guna menjalankan tugasnya berdasarkan formasi yang telah di tentukan oleh Kemenag Kaltim. Tak hanya itu, rangkaian acara pun dilengkapi dengan pengucapan sumpah, dan pemberian SK kepada para personel.

Koordinator Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum Kemenag Kaltim Sabransyah menjelaskan, proses pelantikan merupakan bagian penting dari penetapan angggota PPPK, bukti, dan wilayah kerja.

“Sebelum mereka melaksanakan tugas mereka mesti harus di sumpah jabatan dulu, kemudian setelah itu kita serahkan SK, dan selanjutnya, mereka laksanakan tugas sesuai dengan tempat penugasan masing-masing,” ungkapnya Sabran, sapaan akrabnya.

Berdasarkan SK yang diberikan, terdapat 5 formasi pembagian yang telah ditetapkan Kemenag Kaltim. Diantaranya, guru agama, penyuluh agama islam, penghulu, arsiparis, dan analis sumber daya aparatur.

Dengan rincian penyebaran di setiap Kabupaten/Kota, yakni, 1 orang Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim, 6 orang Kemenag Samarinda, 7 orang Kemenag Kutai Kartanegara, 5 orang Kemenag Kota Balikpapan.

Tak hanya itu, terdapat 3 orang Kemenag Paser, 3 orang Kemenag Berau, 2 orang Kemenag Penajam Paser Utara, 2 orang Kemenag Kutai Timur, dan 1 orang Kemenag Kutai Barat.

Ia menjelaskan, formasi yang telah ditentukan pihaknya tersebut cenderung sedikit dibandingkan tahun 2022. Pasalnya, hal tersebut ditentukan berdasarkan kebutuhan di masing-masing daerah. Terlebih, diperkuat oleh keputusan Kementerian Aparatur Negara.

“Karena secara Nasional memang formasi yang diberikan oleh Menpan ke Kemenag itu sedikit. Jadi karena itu, kesatuan kerja sedikit juga,” imbuhnya.

“Karena juga penentuan formasi itu ditentukan berdasarkan kebutuhan. Jadi kita butuhnya apa saja, nanti di analisis di pusat, kemudian kita diberikan formasi sesuai kebutuhkan,” tambahnya.

Baca Juga :  Soroti Pemanasan Global Yang Kian Meningkat, DPRD Kaltim Berikan Tanggapan

Sabran pun mengungkapkan, bahwa mereka yang resmi dilantik menjadi PPPK, bisa mulai kerja besok sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Secara regulasi, PPPK itu besok sudah bisa bekerja. Jadi labelnya sudah beda nih, kalau kemarin itu non ASN biasa atau bahasanya honorer. Kalau sekarang sudah ada NIP-nya bisa kerja sesuai ketetapan,” pungkasnya.

Di lain sisi, Dirham sebagai salah satu anggota PPPK yang dilantik, sangat mengapresiasi atas terselenggaranya agenda tetsebut. Ia pun mengucapkan terima kasih, dan berharap tugas yang diberikan kepadanya dapat dijalankan dengan baik.

“Saya cukup senang, karena gak sia-sia perjuangan saya. Ini juga menjadi salah satu langkah saya untuk maju, dan saya berterima kasih atas dukungan para senior saya di Kemenag,” tandasnya.

[RUL/TSN]

Penulis: Syahrul MubarokEditor: Topan Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *