Daerah

Akmal Malik Dorong Masyarakat Realisasikan Hakikat Pancasila

70
×

Akmal Malik Dorong Masyarakat Realisasikan Hakikat Pancasila

Sebarkan artikel ini
Teks foto : Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik saat menjadi inspektur Upacara Memperingati Hari Pancasila. (Dok)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik, turut hadir dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan di Halaman Parkir Gor Serbaguna Gelora Kadrie Oening, Sabtu (1/6/2024) Pagi. Ia mendorong, pemahaman serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat direalisasikan pada kehidupan sehari-hari.

Tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila, merupakan salah satu hari besar Nasional di Indonesia. Pasalnya, dengan proses sejarah yang panjang, nilai dan makna dari Pancasila sebagai pedoman bernegara pun perlu difahami oleh warga negara tanpa terkecuali.

Dalam penyampaiannya, Pj Gubernur Akmal Malik, mengungkapkan, memahami Pancasila tidak hanya dengan menghafal isinya. Namun, juga perlu dipraktikan secara konsisten pada kehidupan sehari-hari.

“Butuh proses pemahaman nilai-nilai pancasila tidak bisa ujug-ujug,” ungkapnya Akmal Malik usai memimpin Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2024.

Ia mengatakan, pemerintah harus berperan aktif dalam memaknai setiap ayat yang ada di Pancasila. Sehingga, dalam pelaksanaan kegiataannya, doktrinasi lima dasar negata dapat tertanam pada setiap warga.

“Bagi saya, doktrinisasi harus diwujudkan dalam perbuatan nyata, bukan hanya sekadar bicara-bicara, Dengan demikian, nilai-nilai Pancasila dapat tertanam dalam jiwa setiap individu,” jelasnya.

Akmal menyebutkan, konsep bela negara tidak hanya tergantung pada aspek militer saja, seperti penggunaan senjata dan peran TNI.

Tetapi, juga bisa diwujudkan dalam bentuk lain. Seperti berbagai macam kegiatan sosial, berinteraksi dan bersilaturahmi dengan berbagai kelompok etnis untuk menjaga toleransi, dan mengoptimalkan kegiatan keagamaan sebagai bentuk pengamalan Sila ke-1.

Pj Gubernur itu menegaskan, Indonesia sebagai negara, terkenal dengan keramahan serta kemajemukannya. Sehingga, secara umum, dapat dikatakan masyarakat sangat menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Ia berharap, dengan terselenggaranya peringatan Hari Lahir Pancasila ini, dapat menjadi pemicu membangkitkan semangat kembali dalan menjalankan dan mengamalkan Pancasila.

Baca Juga :  Tersinggung Sarankan Bercerai Dengan Istri, Pemulung Tewaskan Temannya Sebanyak Tujuh Tikaman

“Kita dapat berbangga bahwa kita mampu menerjemahkan Pancasila dengan baik dalam kehidupan sehari-hari,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *