Pemkab Kukar Gelar Ujian Seleksi Taruna Baru STPN Yogyakarta Dengan Sistem CBT

Dok.Sekda Kukar, Sunggono

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono, secara resmi membuka penyelenggaraan ujian Computer Based Test (CBT) dalam rangka Seleksi Penerimaan Taruna Baru (SPTB) Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta. Acara ini berlangsung di ruang CAT Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar, pada Kamis (20/6/24).

Kegiatan ini merupakan implementasi dari program beasiswa tematik Kukar Idaman dan diikuti oleh 40 peserta dari Kukar yang akan mengikuti program studi (Prodi) Diploma Empat (D4) Pertanahan dan Diploma Satu (D1) Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.

Plt Kepala Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kukar, H. Surya Agus, menyatakan bahwa ini adalah tahun kedua pelaksanaan seleksi tersebut. Tahun ini, seleksi diikuti oleh 40 peserta dari 43 pendaftar awal, dengan 3 peserta mengundurkan diri.

“Kami menyediakan 20 slot untuk program beasiswa tematik Kukar Idaman ini,” ujarnya.

H. Surya Agus juga menjelaskan bahwa seluruh biaya pendidikan, termasuk biaya hidup, asrama, dan kebutuhan lainnya akan ditanggung oleh Pemkab Kukar melalui program beasiswa tematik Kukar Idaman.

“Mulai dari biaya pendidikan, SPP, makan minum, asrama dan lain sebagainya,” jelasnya.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kukar Dr. H. Sunggono, menyampaikan apresiasi kepada STPN Yogyakarta atas kerjasama yang telah terjalin dengan Pemkab Kukar. Edi Damansyah menekankan bahwa kerjasama ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pertanahan dan pemetaan kadastral di Kutai Kartanegara.

Menurut Edi Damansyah, tujuan kerjasama ini adalah untuk mencetak sumber daya manusia yang kompeten di bidang pertanahan dan pemetaan kadastral, yang nantinya diharapkan dapat berkontribusi langsung dalam pembangunan dan pengelolaan pertanahan di Kabupaten Kukar.

Baca Juga :  Jalan Pangeran Antasari Tengah Perbaikan Drainese, Seluruh Kendaraan Diarahkan Menuju Jalan Alternatif

“Kerjasama ini merupakan bentuk nyata dari komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di bidang pertanahan dan pemetaan kadastral,” tambahnya.

Edi juga menggarisbawahi pentingnya sektor pertanahan dalam pelaksanaan pembangunan, pengelolaan sumber daya alam, serta tata ruang wilayah.

“Oleh karena itu, Pemkab Kukar sangat mendukung pelaksanaan ujian ini, yang diharapkan mampu menjaring calon-calon taruna terbaik yang akan menjadi ujung tombak pembangunan di Kutai Kartanegara,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Edi berharap para peserta bisa mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh, karena kesempatan ini merupakan langkah awal untuk meraih masa depan yang lebih baik.

“Kami berharap para calon taruna yang nantinya lolos seleksi dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan pertanahan di Kutai Kartanegara,” harapnya.

Ujian seleksi ini juga dihadiri oleh perwakilan dari STPN Yogyakarta, termasuk Agung N. Bimasena beserta jajarannya. Dengan semangat dan komitmen bersama, diharapkan program ini dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap berkontribusi untuk pembangunan daerah.

[MII]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *