Disdikbud Kaltim Gandeng DKP3A Usut Tuntas Kasus Perundungan Anak Yang Kian Menjamur

Ket: Kepala Sub Koordinator Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Siti Aminah.(Ist)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim menyadari kasus perundungan atau bullying kian marak terjadi di lingkungan sekolah. Dalam hal ini, penguatan karakter siswa menjadi sangat penting.

Kepala Sub Koordinator Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Siti Aminah mengatakan, untuk kegiatan yang terkait dengan penguatan karakter, pihaknya sempat menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim. Yakni dengan cara mengadakan pelatihan kepemimpinan.

“Jadi kami kerja sama dengan DKP3A Kaltim. Saat ada pelatihan kepemimpinan di Balikpapan, salah satu narasumbernya adalah DKP3A yang menangani kekerasan perempuan dan anak,” ujar Siti kepada media ini, Kamis (23/11/2023) siang.

Di satu sisi, bullying ada yang secara verbal dan fisik. Dalam hal ini, pihaknya mengimbau semua sekolah agar mewaspadai kasus tersebut. Jangan sampai siswa yang menjadi korban.

Kami berharap, anak-anak dilibatkan di kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi intra sekolah,” tambahnya.

Apalagi, beberapa waktu lalu Disdikbud Kaltim juga mengimbau agar segera dibentuk Satgas Anti Bullying. Menurut Siti, satgas atau bentuk lain seperti komunitas bullying bisa menjadi medium yang tempat untuk siswa bisa menjauh dari potensi perundungan.

“Supaya di sekolah itu, tidak ada lagi tindak kekerasan baik yang dilakukan guru terhadap siswa atau siswa terhadap guru. Termasuk siswa dengan siswa lainnya,” tegas Siti.

Kendati demikian, Siti mengaku belum mengetahui secara pasti sekolah mana saja yang sudah siap membentuk Satgas Anti Bullying atau sudah membentuknya. Sebab, arahan untuk membentuk satgas memang baru dilakukan.

“Tapi tahun sebelumnya kan ada sekolah ramah anak (SRA). Itu kan bagian dari pencegahan kekerasan. Jadi memang sudah ada beberapa sekolah yang masuk di SRA,” tambahnya.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltim Tekankan Lulusan SMK/SMA Bekali Konsentrasi Wirausaha

[ADV/DISDIKBUD/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *