SMA 10 Samarinda Juara 1 Lomba Kampanye Stunting Kategori Iklan Layanan Masyarakat

Penyerahan piagam juara 1 kepada siswa SMA 10 Samarinda, kategori iklan layanan masyarakat.(Dok:Disdikbud Kaltim)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – SMA Negeri 10 Samarinda berhasil merebut posisi juara 1 dalam perlombaan yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), melalui kategori Iklan Layanan Masyarakat, yang dihelat baru-baru ini.

Keberhasilan ini didorong oleh konsep inovatif iklan yang mengajak penonton untuk mencegah stunting melalui pola makan seimbang.

Lia, siswi SMA 10 Samarinda yang menjadi pemenang juara pertama, menjelaskan bahwa konsep iklannya difokuskan pada penjelasan isi piring seimbang yang terdiri dari 50 persen protein dan karbohidrat, serta 50 persen buah dan sayur.

“Konsep iklan tersebut difokuskan pada penjelasan isi piring seimbang yang terdiri dari 50 persen protein dan karbohidrat, serta 50 persen buah dan sayur,” ungkap Lia pasca menerima penghargaan, pada Selasa (28/11/2023).

Dalam pembuatan iklan ini, Lia tidak berjuang sendiri, melainkan didukung oleh teman-temannya, Aisyah dan Alga, serta mendapat bimbingan dari gurunya, Syarifah Aulia.

“Ide pembuatan iklan ini dimulai saat saya ikut lomba poster. Namun, rekomendasi dari teman saya untuk beralih ke lomba iklan layanan masyarakat membuat saya mengubah pendekatan,” ujarnya.

Dengan keahliannya dalam public speaking, Lia mampu merancang konsep dan membuat storyboard dalam waktu singkat.

Proses produksi mencakup merekam video pada hari terakhir lomba, sehingga Lia harus menghabiskan waktu dari pagi hingga malam untuk mengedit dan mempersiapkan data lomba, menyelesaikan semuanya pada malam hari setelah jam sekolah.

“Meskipun ini hanya iseng-iseng pertamanya, saya memberikan pesan motivasi kepada semua untuk tidak menyerah, selalu berusaha, dan mau terus belajar,” pungkasnya.

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan sekolah, namun juga menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk terus berinovasi dan berpartisipasi dalam lomba-lomba yang diadakan.

[ADV/DISDIKBUD/MII/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *